Minggu, 09 Oktober 2016

Pesona Wisata Banyuwangi

Pesona Wisata Banyuwangi - Banyuwangi kaya akan berbagai macam tempat wisata nan mempesona. Banyak dari sekian Spot Wisata Banyuwangi mempunyai keeksotikan alam yang sangat indah. Masyarakat yang sangat fanatik sekali dengan Pesona Wisata Banyuwangi, mulai dari pegunungan yang eksotik hingga pantai alam yang mempesona semua mempunyai penggemarnya. Blogger Lare Osing Banyuwangi telah banyak bertebaran di Internet yang populer dengan review mengenai wisata Banyuwangi. Ini membuktikan bahwa Masyarakat setempat saat ini telah sadar akan potensi alamnya, hingga mereka berbondong-bondong mendukung program Bupati Abdullah Azwar Anas. Inilah yang di sebut dengan Jenggirat Banyuwangi !!!.
Peta Wisata Banyuwangi, Wisata Banyuwangi, Pesona Wisata Banyuwangi
Peta Banyuwangi
Beberapa waktu belakangan ini Bupati Banyuwangi sedang gencar-gencarnya memperkenalkan sektor pariwisata terbaru dengan spot yang mempunyai geografis berbentuk segitiga. Bukan segitiga bermuda yang ada di samudra pasifik, melainkan Triangle of Diamond, yang terdiri dari :
  1. Kawah Gunung Ijen, Taman Nasional Baluran, Licin Banyuwangi
  2. Pantai Sukomade, Taman Nasional Meru Betiri, Pesanggaran Banyuwangi
  3. Pantai Plengkung, Taman Nasional Alas Purwo, Tegaldlimo
Triangle of Diamond adalah sektor pariwisata yang patut di banggakan, keunikan dari pengambilan nama tersebut adalah jika kita mengambil garis lurus yang menghubungkan ketiganya maka akan terbentuk segitiga. Dari situlah nama Segitiga Berlian di ambil. Ketiganya mempunyai keunikan yang berbeda-beda, mulai dari Kawah unik yang ada di Kawah Gunung Ijen, Pertangkaran penyu dengan jenis yang beragam berada di Sukomade, hingga Ombak Fantastis yang memanjakan para surfer di Pantai Plengkung Banyuwangi. Hal ini sangat patut di apresiasi oleh sekian banyak masyarakat Banyuwangi.

Tidak cukup dari Triangle of Diamond atau Segitiga Berlian, Banyuwangi juga mempunyai spot wisata yang tersebar di semua pelosok desa, mulai dari pantai yang eksotik, pegunungan yang mengagumkan, hingga air terjun yang mempesona. Semua berbaur menjadi satu kesatuan di kota Pisang ini.

Wisata Pegunungan Banyuwangi
  • Kawah Gunung Ijen
Gunung ini sangat populer dengan jenis kawah yang sangat unik. Berdasarkan penelitian, kawah yang ada di gunung ini mempunyai tingkat keasaman yang sangat tinggi di dunia. Danau terlebar hingga 5466 Hekatar dengan kedalaman danau mencapai 200 Meter ini telah di nobatkan sebagai gunung dengan kawah terlebar dan terdalam di dunia. Gunung yang mempunyai tinggi 2368 di atas permukaan laut ini terletak di area Taman Nasional Baluran kecamatan Licin.

Cara Menuju ke Kawah Ijen
Dari Kabupaten Banyuwangi Anda dapat langsung menuju kekecamatan Licin dan dilanjutkan ke desa Jambu, diteruskan dengan menuju ke Patulding dari Patulding Anda dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2 KM untuk menuju ke Gunung Ijen.

Wisata Pantai dan Pulau Banyuwangi
  • Teluk Ijo
Pernah ke Teluk Ijo? Pasti belum kan? Benar adanya karena memang teluk ini masih sangat asri dan belum banyak orang yang tau mengenai spot wisata ini. Pantai ini mempunyai pasir dan pantai nan bersih. Udara sejuk bak di dalam hutan ini, mampu membuat Anda rileks.

Cara Menuju Teluk Ijo
Dari Kota Banyuwangi menuju ke arah selatan melewati Kabat, Rogojampi, Srono,Cluring, hingga tiba di simpang empat Desa Jajag, kemudian belok kiri. Kemudian pengendara tiba di sebuah simpang empat. Pengendara dapat mengambil arah serong kiri melewati Desa Sambirejo dan Desa Seneporejo kemudian tembus di Pasar Kesilir. Atau mengambil arah lurus (melewati Desa Gambiran, Jembatan Gambiran-Bangorejo, lalu belok kiri arah Pedotan melewati Tugu Tani Gunungsari dan Monumen P. Kusno, kemudian tiba di simpang empat dan belok kanan hingga tiba di persimpangan Pedotan. Setelah itu pengendara bisa memilih mengambil arah kiri melewati Buk Putih hingga tiba di simpang empat Siliragung, atau mengambil arah terus melewati Desa Sukorejo dan Desa Kesilir dan tiba juga di simpang empat Siliragung. Dari simpang Siliragung pengendara dapat mengambil arah serong kiri meewati Kantor Camat Siliragung, Polsek Siliragung, lalu tiba di simpang empat dan belok kanan melewati Jembatan Kalibaru dan tiba di simpang empat Pasar Sanggar, atau mengambil arah lurus melewati Jembatan Siliragung-Sumbermulyo dan Jalan Ahmad Kusnan dan tiba di simpang empat Pasar Sanggar. Jika pengendara dari simpang empat Siliragung mengambil arah lurus, tiba di Persimpangan Penyu dapat langsung belok kanan tanpa melewati Pasar Sanggar, melewati jalur ini akan bertemu di satu titik (Kantor Desa Sumbermulyo) dengan pengendara dari arah Pasar Sanggar. Dari Kantor Desa Sumbermulyo belok kiri menuju Desa Sumberagung. Setelah itu pengendara tiba di Persimpangan Pancer, ambil arah lurus melewati jalur Gunung Gamping dan Perkebunan Sungailembu. Dari sini kondisi jalan masih baik hingga tiba di makam Sungailembu dimana sebelumnya pengendara belok kiri di Persimpangan Pabrik. Dari makam jalan lurus hingga tiba di Persimpangan Kandangan. Dari sana, pengendara dapat mengambil arah kiri melewati pemukiman warga di Desa Kandangan dan jembatan kayu Kandangan-Sarongan atau mengambil arah lurus melewati Afdeling Sumberbopong Sungailembu dan Perkebunan Sumberjambe. Kedua jalur ini akan mengarah ke Terminal/PasarSarongan. Dari Pasar pengendara menuju ke arah selatan melewati Gereja Pantekosta, Kantor Desa Sarongan, Dusun Besaran, Dusun Bayuran dan Dusun Rajegwesi dan tiba di pos pemeriksaan dan tiket. Dari pos pengendara dapat mengambil arah serong kiri (melewati Pantai Rajegwesi lalu belok kanan) atau mengambil arah lurus (melewati PerumahanTsunami) hingga tiba di kawasan parkir kendaraan yang terletak di kawasan Teluk Damai. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki mendaki jalur sepanjang 1 km di bukit kecil di tiba di Pantai Batu. Dari Pantai Batu, Teluk Hijau hanya berjarak sekitar 300 meter. Total perjalanan adalah sekitar 91 km.
  • Pantai Sukomade Penyu
Pantai yang terkenal dengan tempatnya penyu bertelur ini memang harus menjadi tujuan wisata Anda saat berkunjung di Banyuwangi. Selain Penyu berbagai jenis, pantai ini juga mempunyai panorama pantai yang sangat indah.

Cara Menuju ke Sukomade Penyu
Sedikit informasi untuk Anda, medan yang terdapat pada Sukomade ini sebagian besar merupakan jalan yang berbukit jadi Anda dituntut untuk menyesuaikan kendaraan yang Anda gunakan.
Dari Banyuwangi Anda dapat menuju ke Pesanggaran, dari Pesanggaran Anda dapat menuju ke Sarongan dan diteruskan menuju ke Rajagwesi, dari Rajagwesi Anda dapat langsung menuju ke Sukomade.
  • Pantai Grajagan
Mempunyai  pasir hitam yang eksotik dan pemandangan alam yang menakjubkan, Pantai Grajagan sangat cocok untuk Anda yang sedang berlibur.

Cara Menuju Pantai Grajagan
Pantai Grajagan ini terletak di Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi.
Dari kota Banyuwangi ke pantai grajagan kurang lebih mempunyai jarak 86 KM. Baiklah Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk menuju ke pantai ini. Dari Banyuwangi Anda langsung menuju ke kota Benculuk dengan menggunakan bis ataupun kendaraan umum lain, sampai dari kota Benculuk Anda dapat mengganti kendaraan dengan “Khol” (sebutan untuk mobil umum) langsung menuju ke Desa Grajagan.
  • Pantai Boom
Pantai yang dulunya merupakan pelabuhan kapal-kapal tangker, saat ini telah di rubah menjadi salah satu spot wisata yang patut di kunjungi.

Cara Menuju Pantai Boom
Pantai Boom ini terletak di Desa Mandar Kabupaten Banyuwangi
Dari kota Banyuwangi, Anda dapat menuju ke Taman Blambangan yang tak jauh dari kota Banyuwangi, dari Lampu Merah Taman Blambangan Anda dapat menuju ke utara hingga menemukan bundara PLN, dilanjutkan dengan menuju kekanan hingga masuk pada jalan Nusantara, Anda dapat menemukan Rambu-rambu menuju ke pantai Boom dengan mudah.
  • Pantai Bedul
Pantai pasir hitam dengan bibir pantai yang sangat panjang ini sangat populer dengan keanekaragaman hayati di dalamnya. Terdapat banyak sekali kera di pinggir pantai, Anda dapat berfoto bareng bersama mereka.

Cara Menuju Pantai Bedul
Pantai Bedul terletak didesa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Dari Banyuwangi, Anda dapat pergi ke Benculuk untuk menemukan angkutan umum namun jika Anda menggunakan kendaraan pribadi Anda dapat meneruskan perjalanan Anda menuju ke kota Purwoharjo. Dari Purwoharjo Anda dapat menuju ke desa Curahjati dan kemudian diteruskan menuju desa Sumberasri, dari sini Anda akan menemukan penujuk jalan yang menghantarkan Anda menuju ke Pantai Bedul.
  • Pulau Merah
Pulau dengan pasir putih baru-baru ini telah resmi di buka sebagai spot wisata terbaru di Banyuwangi, pantai yang sering di sebut dengan Kuta-nya Banyuwangi ini perlahan-lahan mampu menyedot masyarakat Indonesia untuk datang di pulau tersebut.

Cara Menuju Pulau Merah
Untuk infrastruktur jalan sudah cukup memadai untuk daerah pesanggaran. Dari Banyuwangi Anda dapat menuju langsung ke Pesanggaran, sampai pasar pesanggaran Anda dapat menyewa ojek yang sudah tersedia disana untuk menghantarkan Anda menuju ke Pulau Merah. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor untuk lebih mudah melewati jalan dipulau merah.
  • Pantai Plengkung
Pantai ini terkenal dengan ketinggian ombaknya yang sangat fantastis hingga 3-4 meter. Menjadi spot surfing paling populer saat ini, membuat plengkung di juluki sebagai Hawaii-nya Indonesia.

Cara Menuju Pantai Plengkung
Anda dapat melewati Grajagan sebagai salah satu Transit yang dapat Anda gunakan untuk menuju kepantai plengkung, dengan menyewa speedboot Anda akan sampai dipantai plengkung hanya kurang dari 30 menit perjalanan. Namun jika Anda menuju kepantai plengkung dengan jalan berbeda, Anda dapat menuju dari Banyuwangi ke Pasaranyar, dari Pasaranyar langsung menuju ke Trianggulasi dengan menggunakan kendaraan pribadi karena memang jalan yang dilalui relattif mudah. Dari Trianggulasi Anda dapat menggunakan kendaraan yang menyesuaikan karena memang jalannya bergelombang dan harus melewati sungai-sungai kecil yang dapat Anda temukan sepanjang perjalanan.
  • Pantai Rajagwesi
Obyek wisata Rajegwesi dapat dijangkau melalui rute yaitu :
Jember/Banyuwangi - Jajag - Sarongan - Rajegwesi
Jalur tersebut dapat dilewati wisatawan dengan kendaraan roda empat
Jember ke Jajag 84 km
Banyuwangi ke Karangrejo 3 km
  • Pantai Pancur
Obyek wisata Pantai Pancur dapat dijangkau melalui rute yaitu :
Objek ini dekat dengan Pantai Plengkung, jadi silahkan di baca lagi :)

Wisata Air Terjun Banyuwangi
Banyuwangi menuju Kabat 13 km
Kabat menuju Bunder 10 km
Bunder menuju Krajan 5 km

Dari berbagai macam tempat wisata di Banyuwangi, membuktikan bahwa kota ini adalah merupakan destinasi pilihan para pelancong. Tak heran jika Banyuwangi di sebut sebagai surga wisata. Anda akan menemukan bermacam jenis spot wisata unik di sini. Mantaaapppp!!!.