Minggu, 09 Oktober 2016

Baluran National Park

Baluran adalah sebuah nama hutan rimba yang dijadikan sebagai tempat wisata alam yang menyajikan pesona tumbuhan dan binatang yang ada di dalamnya. Taman Nasional Baluran  berada di alamat Jalan Raya Banyuwangi Situbondo KM 35 Kabupaten Situbondo, tepatnya dekat dengan perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, wilayah timur pulau Jawa.
Baluran National Park 03-Pantai Bama
Potensi yang ada di Baluran sangat beraneka ragam, mulai dari tumbuhan eksotik, tumbuhan penghasil obat, dan tumbuhan yang hidup pada ekosistem mangrove. Luasnya yang mencapai 25.000 hektar juga menjadikan tempat ini sebagai rumah para binatang seperti banteng, kerbau liar, rusa, kijang, babi hutan, macan tutul, kucing batu, kucing bakau, merak, kera hitam, ayam hutan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Di Baluran Jawa Timur ini, memiliki 2 tempat terkenal yaitu Padang Savana Bekol dan Pantai Bama. Padang savana Bekol memiliki luas 10.000 hektar. Ketika musim hujan semua pemandangan terlihat seperti kehijauan yang membentang luas. Ketika musim panas, semua terlihat seperti gurun yang kekeringan. Sementara di pantai Bama, Anda akan melihat spot pantai yang menakjubkan dan hening dari keramaian. Pantai bebatuan dan samudra laut yang luas membuat sensasi seperti hidup dengan penuh kebebasan.
Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati wisata hutan alam ini, segera saja dehhh. Dijamin tidak akan menyesal karena panoramanya yang mengagumkan.
Pertama kali Anda masuk dari gerbang utama, Anda langsung menuju pos informasi untuk pembelian tiket atau karcis masuk. Biaya per orang pada hari-hari kerja (Senin-Jum’at) sebesar Rp. 5.000,- per orang. Tiket untuk biaya pengamatan objek wisata adalah Rp. 10.000,- per orang. Jadi total biaya masuk per orang adalah Rp. 15.000,- per orang. Untuk hari libur (Sabtu dan Minggu), biaya per orang adalah Rp. 7.500,- per orang, jadi total biaya masuk adalah Rp. 17.500,- per orang. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 yang Anda bawa, dkenakan biaya Rp. 10.000,- (update info 31 Juli 2015).
Baluran National Park 09-Pintu Masuk
Masuk diwisata Baluran, Anda dapat menggunakan kendaraan motor, mobil, atau jalan kaki bila mampu. Perlu diketahui bahwa jalan disana berupa aspal rusak penuh dengan bebatuan dan jarak tempuh dari gate menuju ke Pantai Bama (ujung jalan) mencapai 15 km.
Selanjutnya, dari pintu gerbang Anda harus berjalan sejauh 12 km melewati hutan belantara sembari menikmati lalu lalang spesies hewan liar. Setelah mencapai 12 km, disitulah Anda bertemu dengan padang savana Bekol. Sekelebat rasa lelah Anda akan terobati dengan hamparan tanah luas yang penuh dengan keindahan alam. Semilir angin dan panorama gunung Ijen yang begitu menakjubkan, dapat Anda lihat disini.
Baluran National Park 01-Padang Savana BekolBaluran National Park 06-Padang Savana BekolBaluran National Park 07-Padang Savana BekolBaluran National Park 08-Padang Savana Bekol
3 km kemudian, Anda langsung sampai di ujung tour perjalanan ini yaitu di Pantai Bama. Pantai ini sangat indah dan sepi dari riuh manusia. Disana disiapkan beberapa tempat penginapan yang siap Anda singgahi bila hendak bermalam.
Baluran National Park 04-Pantai Bama
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Jasa Antar Jemput

Semua harga yang disajikan atau di sepakati kedua pihak untuk layanan Cluringtravel Kusus Penjemputan atau Mengantar Ke Bandara BALI / SURABAYA Bagi TKI kusus Warga Banyuwangi (Rombongan Max 7 Orang) Mobil : AVANZA

Kontak Kami

Dusun Sumberwaru Rt 01 Rw 04 Desa Tamanagung Kec. Cluring Kab. Banyuwangi
Phone 085236899024
Em@il : cluringtravel@gmail.com
Website : http://cluringtravel.blogspot.co.id/

Tour / Paket Wisata

Semua harga yang disajikan atau di sepakati kedua pihak untuk layanan Cluringtravel Kusus untuk Jalan - jalan atau Liburan Wisata di Wilayah BANYUWANGI ( Rombongan Max 7 Orang ) Mobil : AVANZA